Mengenal 5 Jenis Termometer untuk Mengukur Suhu 

Tidak hanya untuk mengukur suhu tubuh saja, keberadaan termometer bisa membantu Anda dalam menentukan suhu air panas di rumah. Bila Anda memiliki anak di rumah, pastikan selalu menyediakan termometer untuk mengukur suhu tubuh yang akurat. Dewasa ini, termometer digital lebih banyak digunakan sebab menawarkan harga yang terjangkau dan praktis dibawa ke mana-mana. 

Jenis termometer yang bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh anak 

Sedia termometer digital merupakan langkah preventif mencegah kasus demam tinggi yang bisa membahayakan kesehatan. Bila suhu tubuh anak di atas 38,5 derajat celcius, maka Anda wajib segera melakukan penanganan pertama atau bawa anak ke dokter terdekat. Berikut jenis termometer yang efektif mengukur suhu tubuh anak di rumah yaitu :

  • Termometer digital 

Merupakan jenis termometer yang paling direkomendasikan sebab memiliki ukuran yang mungil yaitu sebesar pensil saja. Anda hanya perlu memakai termometer di mulut, ketiak atau dubur untuk hasil yang lebih akurat. Dibandingkan jenis termometer lain, termometer ini lebih praktis dan efektif dibawa saat traveling.

  • Termometer digital telinga 

Jenis termometer timpani yang bisa digunakan dengan memanfaatkan sinar inframerah pada lubang telinga. Cara ini bisa mendeteksi suhu tubuh dengan akurat asal kondisi telinga si kecil bersih alias tidak tertutup kotoran telinga.

  • Termometer dot digital

Anda punya bayi di rumah, maka sediakan termometer untuk mengukur suhu tubuh bayi yang rentan mengalami demam. Pilih jenis termometer dot digital yang memiliki bentuk mirip empeng sehingga bayi hanya perlu mengisap dot tersebut. Untuk hasil pengukuran lebih akurat, sebaiknya biarkan bayi mengisap dot lebih lama sekitar 3 menitan. 

  • Termometer dahi 

Di masa pandemi seperti sekarang, keberadaan termometer dahi bukan hal yang asing. Petugas akan melakukan pengukuran suhu dengan memanfaatkan sensor inframerah pada area dahi dan arteri temporal di pelipis. Namun, Anda tidak perlu menggunakan jenis termometer dahi untuk mengukur suhu tubuh anak sebab harga yang terbilang mahal dengan akurasi yang setara termometer biasa.

  • Termometer air raksa

Sekarang orang-orang jarang memakai termometer air raksa sebab ada versi digital yang lebih akurat. Namun, Anda juga bisa menggunakan termometer air raksa untuk mengukur suhu tubuh anak saat ia demam, lho! Tabung kaca yang berisi air raksa akan mendeteksi suhu tubuh si kecil yang demam tinggi. Pasalnya, suhu tubuh yang tinggi akan membuat ketinggian air raksa meningkat dan Anda bisa mengecek titik air raksa tersebut. 

Hanya saja termometer air raksa memiliki kerugian bila tabung kaca terjatuh dan pecah. Air raksa bisa menguap dan rentan terhirup anak-anak yang bisa sebabkan risiko keracunan, termasuk orang dewasa pun. 

Yuk, beli termometer digital di pasaran yang memiliki harga lebih terjangkau dan tingkat akurasi yang cukup tinggi!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *